Kamis, 15 Juli 2010

VW Gandeng Indomobil Bangun Pabrik di Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com — Komitmen Volkswagen AG (VW) berinvestasi di Indonesia terus berlanjut. Pihak prinsipal bahkan berencana menggandeng salah satu perusahaan otomotif nasional, yaitu Grup Indomobil, untuk membangun pabrik baru.

"Bulan depan direksi VW dari Jerman akan datang ke Indonesia untuk bertemu dengan petinggi Indomobil. Pembicaraan mengenai pembagian kepemilikan saham di Indonesia," ujar sumber VW di Indonesia, kemarin.

Andrew Nasuri, Chief Executive Officer (CEO) PT Garuda Mataram (GMM), mengatakan, proses investasi VW terus berjalan. Saat ini prinsipal sedang mempelajari kesiapan perusahaan pemasok komponen lokal.

"Sejak Februari, prinsipal VW sudah ada di Indonesia untuk milih supplier. Target pemancangan batu pertama pada 2012, sedangkan produksi dimulai 2013 dan 2014," tutur Andrew.

Total dana yang akan digelontorkan untuk pendirian pabrik adalah 150 juta dollar AS. Kapasitas produksi, 50.000 unit per tahun. Sampai saat ini belum ditentukan di mana lokasi pasti pabrik.

"Sampai saat terakhir, Bukit Indah, Cikampek, Jawa Barat, dengan luas tanah 30 hektar. Semua masih dalam progres," kata Andrew.

VW berencana mendirikan pabrik di tiga negara di kawasan ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Realisasi pertama, lanjut Andrew, dilakukan di Indonesia karena Pemerintah Indonesia lebih korporatif.

Penulis: AGK
Editor: zbj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar