Jumat, 02 Juli 2010

Mercy SLS AMG


Mobil berkelir hitam mengkilat itu terdiam manis di sudut pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Itulah si Mercy SLS AMG atau Si Burung Camar. Mobil super sport andalan Mercy yang dijual Rp 4,7 miliar on the road Jakarta, tidak kurang dan tidak lebih.

Namun, apa saja keunggulan hingga kenikmatan mobil sport tersebut, hingga Mercedes-Benz berani menyodorkan mobil yang menjadi safety car yang paling dahsyat di lintas balapan Formula 1 itu. Nah, detikOto coba memberikan gambaran kepada Anda.

Tampak dari luar, rasa ingin menginjak pedal gas yang terkoneksi pada mesin berkapasitas 6.208 cc DOHC 32 valve V8 sangat besar. Ketika mengibaskan pintu berkonsep gullwing secara manual, aura mobil sport mulai terasa dan sangat kental menyelimuti mobil yang hanya bisa menampung 2 penumpang itu.

Sisi interior hanya disematkan 2 warna, merah gelap dan hitam dari kulit asli. Tak pikir panjang kursi balap langsung duduki. Mmm, nyaman sekali.

Sayang kabin penumpang agak sempit, itu karena memang mobil ini mengusung konsep balap, jangan harap Anda bisa menemukan kabin yang lega di sini.

Beda dengan mobil balapan Nascar, SLS AMG tidak ada roll bar di dalam kabin.

Dari pantauan detikOto, bagian interiornya tidak seperti Mercy umumnya yang biasa menyediakan fitur wah. Fitur entertainment yang diusung mirip mobil seharga Rp 160 - 320 juta. Sebut saja seperti DVD player dan fitur pendukung lainnya seperti radio FM/AM yang dapat dipantau lewat layar di konsole depan.

Namun ya itu tadi, mobil ini khusus untuk Anda yang ingin ngebut.

Bagaimana, dengan pandangan pengemudi. Nah, jika Anda bertubuh agak pendek, sebaiknya Anda berhati-hati mengendarainya.

Sebab, engine hood yang panjang membuat sudut pandang Anda tertutup. Terlebih pengaturan jok kursi tidak bisa ditinggikan, hanya maju mundur yang dioperasikan secara manual.

Raungan mesin yang menyemburkan tenaga 563 bhp dengan dukungan torsi 479 lb-ft mulai terdengar hingga ke kabin penumpang, sebagai tanda Engine Start ditekan di konsole tengah.

Bodi mobil agak bergetar, namun kenyataan itu bukan hal aneh untuk mobil seukuran SLS AMG.

Fitur i-drive diputar ke 'D', mobil pun siap untuk digeber. Ketika pedal gas dibejek, mobil melaju sangat cepat.

Gila, dalam hitungan 2 detik saja jarum kilometer menginjak angka 90 km/jam. Hasil itu menguatkan klaim Mercedes-Benz yang menyebutkan mobil tersebut bisa beranjak dari titik diam ke 100 km per jam dengan waktu 3 detik. Sungguh dahsyat dan penuh prestise.

Dari segi pengereman, mobil tersebut ternyata cukup handal. Sebab, di keempat kaki-kaki tersemat dics break lebar yang digenggam dengan piston bawaan pabrik.

Sayang, pengalaman dengan SLS AMG tidak bisa lebih lama lagi. SLS tidak bisa dieksplorasi lebih dalam, dengan alasan tempat pengetesan di pabrik yang tidak mumpuni untuk mobil sport tersebut.

Dari apa yang telah kami rasakan, mobil super sport ini memang pantas untuk dimiliki pecinta mobil cepat dan berkocek tebal. Pasti semua orang terpana melihat Anda mengendarai mobil ini di jalanan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar