Kamis, 01 Juli 2010

Car Free Day Efektif Turunkan Polusi

Jakarta - Car free day atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) ternyata efektif untuk menurunkan polusi di wilayah yang dilaluinya. Penelitian Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta menunjukan polusi turun cukup signifikan.

Selama pelaksanaan HBKB tahun 2009, didapatkan data bahwa terdapat penurunan persentase konsentrasi pencemar debu (PM10) sebesar 37 persen, carbon monoksida (CO) sebesar 67 persen dan nitrogen monoksida (NO) sebesar 75 persen.

"Pelaksanaan HBKB selama ini terbukti dapat meningkatkan kualitas udara Jakarta," ujar Kepala BPLHD DKI Jakarta, Peni Susanti, dalam keterangan pers yang diterima redaksi detikcom, Kamis (1/7/2010).

Karena itu, sesuai dengan keputusan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, HBKB ini akan digelar dua kali setiap bulannya di ruas Jl Sudirman-Thamrin. Hal ini akan dimulai bulan Juli 2010.

"Minat masyarakat untuk menjadikan HBKB sebagai wadah interaksi, sosialisasi dan olah raga terus meningkat," terang Peni.

Guna menghindari kemacetan di sekitar ruas jalan menuju Jl Sudirman-Thamrin pada saat HBKB, masyarakat diimbau tidak menggunakan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan kendaraan umum atau kendaraan ramah lingkungan.

"Untuk bulan Juli akan dilaksanakan tanggal 4 Juli bersamaan dengan fun bike HUT Bhayangkara, selanjutnya akan dilaksanakan tanggal 25 Juli," jelasnya.
(rdf/ahy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar