Kamis, 10 Juni 2010

Kompetisi Mekanik Nasional Ke-12 dari Isuzu


BEKASI, KOMPAS.com — PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) hari ini melangsungkan Kompetisi Keterampilan Teknisi tingkat nasional ke-12. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pusat Pelatihan Isuzu, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Kompetisi mekanik yang disebut Isuzu Technical Competition Contest (ITSC) ini merupakan kegiatan reguler yang diadakan setiap tahun untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan personal di bagian layanan purnajual. Kompetisi diselenggarakan untuk tiga jenis bidang, yaitu Group Leader & Mekanik, Service Advisor, dan Part Man.

Untuk Group Leader & Mekanik, yang dilombakan adalah pengetahuan teori mesin, tes diferensial (gardan), pengukuran komponen, dan pemeriksaan kendaraan (trouble shooting). Untuk Service Advisor, selain teori dan analisas masalah, perlombaan mencakup cara menghadapi komplain pelanggan. Adapun pada Part Man, selain teori, ada juga ada hapalan dalam bentuk cerdas cermat. Mengingat nomor suku cadang dan harganya juga akan diujikan dalam lomba bidang ini.

Dari ketiga kompetisi tersebut, hanya pemenang dari Group Leader dan Mekanik yang akan dikrim untuk mengikuti Isuzu-1 GP atau kompetisi teknisi Isuzu tingkat internasional yang dilangsungkan di Jepang pada 17 Oktober 2010.

Pada tahun ini, Isuzu menggunakan Isuzu D-Max sebagai kendaraan praktik. “Kami pakai D-Max kali ini karena pada kompetisi tingkat internasional, mesin Isuzu yang digunakan mengaplikasi common rail. Di Indonesia, mesin Isuzu Elf belum common rail,” ungkap Rodko Purba, Kepala Nasional Servis IAMI, yang melaksanakan perlombaan ini.

Penulis: ZBJ
Editor: zbj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar