Senin, 21 Juni 2010

Dishub Sidak Angkutan Liburan

DENPASAR.KOMPAS.com - Musim liburan telah tiba, lonjakan penumpang Bus di terminal Ubung Denpasar pun terus meningkat setiap harinya selama musim liburan ini. Untuk menjamin keamanan penumpang bus selama di perjalanan, dinas perhubungan (dishub) Kota Denpasar melakukan sidak terhadap seluruh armada angkutan liburan di terminal Ubung, senin (21/06/2010).


Sejumlah perlengkapan standar seperti ban, lampu sen, klakson serta martil pemecah kaca untuk keadaan darurat diperiksa oleh petugas dishub. Seluruh bus yang akan berangkat dari terminal Ubung Denpasar menuju sejumlah kota di pulau Jawa tak luput dari pemeriksaan.

Selain perlengkapan berkendara, petugas juga memeriksa seluruh surat-surat kendaran seperti STNK dan dicocokkan dengan nomer kendaraan. Setelah melakukan pemeriksaan selama kurang lebih satu jam petugas menemukan banyak pelanggaran seperti tidak adanya martil pemecah kaca untuk keadaan darurat serta sejumlah bus kedapatan mengalami pecah kaca depan.


“Sanksi pertama kita peringatkan, jika besok masih belum melengkapi kendaraannya akan kami tilang,” ujar Kepala UPT Terminal penumpang Dishub Denpasar, Nyoman Sutika. “Mereka harus ingat dengan kewajibannya karena mereka membawa manusia. Mereka harus memperhatikan keselamatan penumpang,” tambah Nyoman Sutika.

Dishub akan melakukan sidak seperti ini setiap saat dan waktunya mendadak, sehingga jika ada perusahaan bus yang kedapatan masih membandel dan tidak laik jalan akan kena sanksi yang cukup berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar