Senin, 14 Juni 2010

All New Honda CR-V


Untuk menguatkan dominasinya di segmen premium SUV, Honda meluncurkan varian facelift dari New CR-V. Hasilnya, New Honda CR-V facelift tampil lebih sporti, namun lembut.

Itulah kesan pertama yang ditangkap detikOto, ketika diberikan kesempatan menjajal varian SUV andalan Honda. Tampilan luarnya dipermak sedikit agar terlihat sporty.

Mulai dari grille depan, sampai desain foglamp turut terkena jamah, meskipun secara sepintas, perubahan tampilan luar New CR-V facelift ini tidak akan begitu kentara.

Tapi coba masuk ke dalam kabin. Mata Anda bakal langsung melirik pada bagian tengah dashboard, dimana terletak Audio double din dengan teknologi touch screen.

Begitu juga pada nuansa warna dashboardnya yang didominasi motif hitam, sehingga mengarahkan pengemudi pada suasana sporty yang tangguh dari sebuah mobil penjelajah.

Namun, selain kenyamanan Anda bisa dimanja dengan dentuman audionya yang mumpuni, juga posisi duduk Anda bakal dibuat senyaman mungkin dengan pengaturan kursi pengemudi elektrik.

Mesin dinyalakan, derumannya mampu diredam dengan baik, sehingga ruang kabin benar-benar senyap. Sekarang, tinggal injak Foot Parking, dan pindahkan tuas transmisinya pada posisi D.

Bahan kulit pada setir, serta tuas transmisi, ditambah jok yang juga dilapisi kulit, memberikan kenyamanan dan nuansa mewah tersendiri bagi pengemudi.

Begitu menginjak pedal gas, akselarasinya terasa lembut, dan setiap perpindahan gigi dari transmisi 5 speed otomatisnya nyaris tidak terasa, dan hampir tanpa hentakan.

Meski lembut, mesin i-VTEC, 2.4 L DOHC nya lebih dari cukup untuk mengajak New CR-V berlari dengan stabil, karena tiap-tiap perpindahan gigi tenaga seperti tidak pernah hilang.

Memasuki jalan bebas hambatan Cipularang, revisi pada suspensinya membuat laju CR-V tetap stabil pada kecepatan tinggi, meskipun semua orang tahu bagaimana tidak ratanya permukaan jalan tol Cipularang.

Hanya saja ketika merayap untuk membelah kemacetan, sepertinya harus sedikit lebih bersabar, karena dimensi New CR-V yang tidak kecil. Lebar bodi yang mencapai 1.820 mm, membuat CR-V tidak leluasa di tengah kemacetan.

Tetapi begitu lepas dari keramaian kota dan memasuki jalan berliku dan menanjak, disinilah Honda boleh berbangga dengan performa dari SUV terlarisnya ini.

Kita bisa dimanjakan dengan fitur Variable Stability Assist yang sudah ditanamkan pada New CR-V. Sehingga, gejala ban sliding karena permukaan jalan licin bisa diminimalisir.

Sehingga, selain akselarasinya yang lembut namun bertenaga, ditambah dengan hilangnya rasa khawatir mobil sliding atau melintir, membuat akhir pekan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.

Kami menyukai karakter akselerasinya yang lembut, namun New CR-V sepertinya bakal lebih cocok untuk perjalanan keluar kota, bukan berada di tengah-tengah kemacetan lalu lintas kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar