Selasa, 25 Mei 2010

Toyota Produksi Aksesori TRD Sportivo


JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan telah diluncurkannya Yaris TRD Sportivo, buat pemilik hatchback yang versi standar, bisa mengubah bergaya sport. Aksesori TRD bakal tersedia karena Toyota akan memproduksi secara lokal. Langkah ini dilakukan mengingat besarnya permintaan membuat impor komponen yang selama ini dipasok dari Thailand tak terpenuhi.

Seperti diketahui, dengan kehadiran Yaris TRD, berarti ada tiga produk Toyota bergaya sport. Dua lainnya, yakni New Vios dan Fortuner. Keberadaan tiga produk Toyota itu menjadikan permintaan melebihi pasokan sehingga menjadi antrean pesanan alias inden.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto mengatakan, Fortuner menjadi produk terlaris untuk tambahan aksesori TRD. "Awalnya, target cuma 20 unit, permintaannya mencapai 60 sampai 70 unit per bulan kan luar biasa," jelas Joko di Jakarta, Senin (24/5/2010).

Untuk Vios misalnya, target yang dicanangkan Toyota semula juga hanya 20 unit per bulan kini mencapai 90 unit. CEO Auto2000 Jodjana Jody menjelaskan, dalam rata-rata penjualan Vios 300 unit per bulan, 30 persennya merupakan TRD Sportivo.

"Jadi dihitung saja, sampai 90-an unit per bulannya kan. Ini luar biasa animonya," jelas Jody.

Sementara itu, Anton Jimmi Suwandy, Manager Planning and Analyisis TAM menambahkan, hingga kini pihak TAM masih dalam pembicaraan untuk meloloskan rencana produksi komponen aksesori di Indonesia. Kalau berhasil akan ditunjuk vendor untuk memproduksi aksesori TRD.

"Untuk perencanaan dan produksi diperlukan waktu sekitar enam sampai delapan bulan. Ya, realisasinya paling baru tahun depan dan tak menutup kemungkinan nantinya Thailand justru akan dipasok dari sini (Indonesia)," papar Anton.

Penulis: SBT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar