Kamis, 19 Agustus 2010

Nissan Elgrand Dijual Rp900 Juta


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Alphard bakal mendapat pesaing baru Nissan Elgrand di pasar nasional tahun depan. Karena PT Nissan Motor Indonesia (MNI) sudah memberi sinyal dan Kompas.com sudah memberitakannya dua minggu lalu (Baca: Nissan Elgrand Dipasarkan Kuartal I 2011). Tapi, belum tahu kapan dan berapa harganya.

Dalam acara buka puasa bersama di Jakarta, Vice President Director Sales & Marketing MNI Teddy Irawan membocorkan perihal dipasarkan multi purpose vehicle (MPV) itu. "Diperkirakan antara Januari sampai Februari dengan harga sekitar Rp900 juta," ungkapnya.

Kalau Alphard, lanjutnya, mesinnya 2,4L dan harga Rp1,2 miliar. "Sedang Elgrand, dengan kapasitas mesin lebih besar, harganya lebih murah. Ya, kita lihat nanti di pasarnya," tegas Teddy.

Laris manis

Di negeri asalnya Jepang, Elgrand laris manis. Bayangkan, baru juga diluncurkan dua pekan lalu, MPV luxury tersebut sudah dipesan 6.386 unit (per 18/8). Jumlah ini jauh melebihi target penjualan Nissan yang mematok hanya 1.900 unit per bulan.

Elgrand ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Keduanya menggunakan sistem transmisi otomatis CVT-M6. Model pertama dibekali mesin 3,5 liter VQ35DE (ini yang masuk Indonesia) yang mampu menghantarkan tenaga 280 dk pada 6.400 rpm dan torsi maksimum 344 Nm pada 4.400 rpm. Kedua, menggendong mesin 2,5 Liter QR25DE dengan kemampuan 170 dk pada 5.600 rpm dan torsi 245 Nm pada 3.900 rpm.

Beberapa kelebihan yang dimiliki antara lain, Intelligent Cruise Control, ABS, VDC, airbag (termasuk SRS), sensor tekanan udara pada ban, jok multi-fungsi dengan sandaran kaki, monitor 11-inch yang bisa dilipat dan Private Theater System dengan sistem suara Bose 5.1 Surround Sound System.

Dari total penjualan, model Elgrand yang paling laris terjual di Jepang adalah tipe 250Highway STAR yang menyumbang hingga 45 persen dengan sistem penggerak dua roda (74 persen). Untuk pilihan warna, Phantom Black dengan konfigurasi 7-tempat duduk juga menjadi pilihan utama konsumen dengan komposisi masing-masing 44 persen dan 74 persen.

Penulis: AGK
Editor: Bastian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar